Selasa, 13 November 2012

7 Prasasti Kerajaan Tarumanegara

1. Prasasti Ciaruteun / Ciampea 
     Prasasti ini di temukan di daerah Ciampea, Bogor. Tepatnya di tepi sungai Ciaruteun. Di atas tulisan Prasasti itu ada lukisan laba – laba dan telapak kaki. Tulisannya sendiri berupa puisi/ sajak empat baris bunyinya: “Ini bekas dua kaki, seperti kaki dewa Wisnu. Ialah kaki yang mulia purnawarma, raja di negeri Taruma. Raja yang gagah berani di dunia” . 



2. Prasati Jambu / Pasir Kolengkak
     Prasasti ini di temukan di bukit pasir Kolengkak. Daerah tersebut termasuk perkebunan jambu terletak 30 Km di sebelah barat Bogor Tulisan dalam Prasasti ini sebagai berikut: “Sri Purnawarman adalah seorang pemimpin yang tiada taranya. Baginda terkenal gagah berani, jujur dan setia menjalankan tugas. Baginda memerintah di Tarumanegara. Baginda memakai Warman, baju Zirah yang tak dapat di tembus senjata musuh. Ini adalah sepasang kaki. baginda selalu berhasil menggempur kota-kota musuh. Baginda hormat kepada para pangeran. Namun baginda sangat di takuti oleh musuh-musuh baginda”. 

                                               


3. Prasasti Kebon Kopi. 
     Prasasti ini di temukan di kampung Muara Hilir Cibitung Bulang (Bogor) tak banyak yang diungkapkan dalam Prasasti ini hanya berupa sepasang telapak kaki (seperti kaki gajah). Tulisan yang ada hanya menyebutkan bahwa itu telapak kaki gajah penguasa Taruma.
 
                                               


4. Prasasti Pasir Awi
     Prasasti ini di temukan di daerah Pasir Awi, Bogor. Pada Prasasti ini juga ada gambar telapak kaki, Prasasti ini di tulis dengan huruf ikal yang belum dapat diartikan.

                                             


5. Prasasti Muara Cianten
     Prasasti ini di temukan di muara Cianten Bogor, seperti Prasasti lain, Prasasti ini juga terdapat telapak kaki. Sayang tulisannya belum dapat di artikan sebab tulisannya dalam huruf ikal sehingga tidak banyak yang di ketahui tentang isinya.

                                                    


6. Prasasti Tugu 
     Di temukan di daerah Cilincing DKI Jakarta atau di tugu. Prasasti ini adalah Prasasti terpanjang dan terpenting dari Tarumanegara. Prasasti itu banyak memuat keterangan kira – kira sebagai berikut: “ Dulu kali Candrabagha di gali Purnawarman, Maharaja yang mulia yang mempunyai lengan kencang dan kuat. Setelah sampai ke istana, kali di alirkan ke laut. Istana kerajaan baginda termashur. Kemudian baginda menitahkan lagi menggali sebuah kali. Kali ini sangat indah dan jernih. Kali ini di sebut kali gomati. Kali ini mengalir melalui kediaman nenekanda Purnawarman. Kali Gomati, (galian itu ) 6.122 tumbak panjangnya pekerjaan ini di mulai pada hari baik, tanggal 8 paro petang bulan phalguna dan di sudahi pada hari tanggal ke 13 paro terang bulan Caitra, jadi hanya 21 saja untuk itu diadakan selamatan yang di laksanakan oleh para Brahmana. Untuk selamatan itu Purnawarman menghadiahkan 1.000 ekor sapi”. Dari keterangan tersebut dapat di simpulkan Purnawarman pernah memerintah penggalian kali Candrabagha lalu kali Gomati. 


                                                         


7. Prasasti lebak / Cidanghiang
     Prasasti ini di temukan di kampung lebak, tepi sungai Cidanghiang (Munjul) isinya kira – kira
inilah tanda-tanda keperwiraan yang ulia Purnawarman. Baginda seorang raja Agung dan gagah berani. Baginda adalah raja dunia dan menjadi panji sekalian Raja” .

                                          

5 komentar:

  1. mohon ijin untuk mengcopi gambar prasasti terima kasih

    BalasHapus
  2. thx buat postingan ny, pas bgt tugasny ini..so numpang copy yah..xixixi

    BalasHapus
  3. ini blog bukan hanya infonya saja yang bermanfaat, tpi tampilannya juga aku suka. manis banget yah
    ibnuasmara.com

    BalasHapus